Ticker

6/recent/ticker-posts

Marga Lumbantoruan Sedunia Akan Selenggarakan 
Seminar Motivasi, Rapot Bolon dan Partangiangan


Siantar, Bintangnews.online: 
Pada tanggal 4-5 Agustus 2023 ini, Parsadaan Borsak Sirumonggur Boru Bere Saportibi akan menyelenggarakan tiga (3) kegiatan besar. Tiga kegiatan dimaksud yaitu: 
(1) Seminar Motivasi Sehari untuk Generasi Muda Borsak Sirumonggur, 
(2) Rapot Bolon Punguan Borsak Sirumonggur Saportibi (PBSS), dan 
(3) Partangiangan 5 tahunan Borsak Sirumonggur Lumbantoruan Boru Bere sa-Portibi.

Seminar motivasi diselenggarakan oleh PBSS bertujuan untuk memberikan inspirasi, motivasi, dan pemahaman kepada generasi penerus Borsak Sirumonggur, khususnya generasi penerus yang masih duduk di bangku sekolah. 

Harapannya, melalui seminar ini para generasi penerus Borsak Sirumonggur tersebut dapat lebih termotivasi dalam belajar, memperoleh wawasan baru, meningkatkan keyakinan diri dan pada akhirnya dapat mencapai tujuan pribadi masing-masing. 

Peserta seminar ini berasal dari para pelajar dan generasi muda Pomparan Borsak Sirumonggur. Seminar dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2023 di Sopo Godang Hetty Siborongborong. 

Pembicara pada seminar ini diantaranya Jimmy Panjaitan, ST, MM (Dirut BPODT) dan Deni Lumbantoruan ST, M.Eng, Ph.D (Akademisi dari Institut Teknologi Del). 
Selain pelaksanaan on-site, agar dapat diakses oleh para generasi muda Borsak Sirumonggur di seluruh penjuru wilayah Indonesia, kegiatan seminar juga akan dapat diakses melalui media internet seperti zoom meeting dan youtube. 

Rapot Bolon Saportibi adalah forum tertinggi dari PBSS yang terdiri dari utusan – utusan dari Perhimpunan-perhimpunan Keturunan Borsak Sirumonggur Sihombing Lumban Toruan baik dari Dalam Negeri maupun dari Luar Negeri. 

Rapot Bolon dipimpin oleh seorang yang dipilih oleh Peserta Rapot Bolon yang dinilai memiliki kompetensi untuk memimpin rapat dan memiliki integritas dan objektifitas yang tinggi untuk memajukan PBSS. Tugas utama dari Rapot Bolon Saportibi adalah memberi arahan tentang pokok-pokok kegiatan kepada Ketua Dewan Pengurus dan Dewan Penasehat. 

Sementara itu, wewenang dari Rapot Bolon Saportibi adalah memilih dan mengangkat Ketua Dewan Pengurus, memilih dan mengangkat Dewan Penasehat dan memberi arahan kepada Ketua Dewan Pengurus dan Dewan Penasehat untuk membuat, meperbaiki, atau merubah Anggaran Dasar.

Rapot bolon pertama dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2008. Pada rapot bolon pertama inilah diinisiasi pembentukan PBSS dan perancangan AD/ART PBSS. Rapot bolon yang kedua dilaksanakan di Lintong Nihuta pada tahun 2013. 
Sementara itu, rapot bolon yang ketiga dilaksanakan di Siborongborong pada tahun 2018.

Pada tahun 2023 ini, Rapot Bolon Saportibi juga akan dilaksanakan di Sopo Godang Hetty Siborongborong pada tanggal 4 Agustus 2023 malam hari. Rencananya pada Rapot Bolon Saportibi ini akan dilaksanakan evaluasi terhadap program pengurus PBSS 2018-2023, arahan program 2023-2028 dan selanjutnya pemilihan Ketua Umum BPH dan Ketua Dewan Pengawas PBSS.

Sementara itu, Partangiangan Borsak Sirumonggur Lumbantoruan Boru Bere sa-Portibi merupakan suatu pesta ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih atas berkat dan perlindungan yang diberikan oleh Tuhan kepada seluruh anggota pomparan Borsak Sirumonggur di berbagai daerah. 

Melalui kegiatan Partangiangan Borsak Sirumonggur, selain media untuk mengucap syukur, maka diharapkan akan meningkatkan kerjasama, usaha saling tolong menolong untuk mengatasi kesulitan dan mengejar kemajuan sesama anggota Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Boru dan Bere. 

Di samping itu, melalui Pesta Partangiangan diharapkan juga meningkatkan tali persaudaraan sesama Anggota Pomparan Ni Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Boru dan Bere yang di Bona Ni Pasogit maupun yang ada di perantauan. Dan juga dapat membangun jaringan komunikasi antara anggota dengan Perhimpunan-Perhimpunan Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan di dalam dan di luar negeri.
Sejak Parsadaan Borsak Sirumonggur Boru Bere Saportibi (PBSS) berdiri sejak tahun 2008, Partangiangan Borsak Sirumonggur sudah terlaksana sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 2013 di Lapangan Merdeka Lintong Nihuta Humbang Hasundutan dan pada tahun 2018 di Lapangan Sipultak, Pagaran, Tapanuli Utara. 

Pada tahun 2023 ini, kembali akan dilaksanakan Partangiangan Borsak Sirumonggur Boru Bere pada tanggal 5 Agustus 2023 bertempat di Sopo Godang Hetty, Siborongborong. Diharapkan semua Pomparan Borsak Sirumonggur Boru Bere Saportibi dapat menghadiri kegiatan partangiangan tersebut, baik secara langsung maupun melalui media internet.

Diharapkan melalui pelaksanaan Seminar Motivasi, Rapot Bolon dan Partangiangan Borsak Sirumonggur pada tahun 2023 ini dapat memperkuat sinergi antara keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki oleh setiap anggota PBSS. Dan diharapkan juga semua rangkaian acara yang dilaksanakan menjadi wadah kebersamaan yang mempererat silaturahmi dan menghasilkan langkah-langkah strategis demi kemajuan PBSS dan kesejahteraan semua anggotanya.(RL/BNO)

Posting Komentar

0 Komentar