Ticker

6/recent/ticker-posts

IWO Indonesia Bersama Sejumlah Media Online, Siap Mendukung Pemilu Damai 2024



Medan, Bintangnews.online:
Ikatan Wartawan Online Indonesia  (IWOI) menyatakan diri siap mendukung Pemilihan umum  (Pemilu) damai tahun 2024. Sebagai organisasi profesi pers yang sudah memiliki sejumlah pengurus DPW atau DPD di seluruh tanah air termasuk di provinsi Sumatera Utara berkomitmen untuk menghindari berita bohong atau hoaks, menyesatkan atau bersifat sensasional.

Hal ini disampaikan Ketua DPW IWOI Sumatera Utara, Ratno SH, MM didampingi Wakil Sekretaris IV, Sempurna Wirawan, Bendahara, Hariyati Panggabean, Bidang Publikasi, Robin Silalahi. Serta Dewan Pembina dan Penasehat IWOI Sumut diantaranya Erwan Nasution dan Bahrumsyah, di Medan, Selasa (31/10/2023) siang.

"DPW IWOI Sumatera Utara yang berkolaborasi dengan sejumlah media online yang tergabung di DPW maupun DPD se Sumatera Utara menyatakan sikap untuk  siap mendukung pemilu damai tahun 2024," ujar Ketua IWOI Sumut yang juga Pemimpin Redaksi RADARINDO.CO.ID.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO Indonesia) NR. Icang Rahadian SH, MH, menghadiri kegiatan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IWO Indonesia Kabupaten Subang dengan Tema "Semangat Sumpah Pemuda Deklarasi Damai Pemilu 2024" dilaksanakan di Lapangan Taman Makam Pahlawan Cidongkol Kabupaten Subang, Sabtu (28/10/2023) Pagi.

Turut hadir mendampingi Ketua Umum IWO Indonesia, Sekretaris Umum Epih Fauzi, Bendahara Umum Hj. Umi Padilah, Ketua DPD Lampung Selatan Hari Prasetyo Wibowo, Ketua DPW Jawa Barat Zaidun, Ketua DPD Karawang Syuhada beserta Jajaran Pengurus IWO Indonesia.

 Ketua Umum IWO Indonesia NR. Icang Rahadian SH, MH mengatakan, pada prinsipnya kami IWO Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang sudah terbentuk lebih dari 10 Provinsi, siap mendukung terjadinya pemilu 2024.

"Kami IWO Indonesia akan selalu memberitakan berita-berita yang aktual dan akuntable, sesuai dengan slogan kami Jurnalis Terpercaya (Trusted Journalist) yang siap dan akan memerangi berita bohong dan akan menjadikan moment pemilu 2024 sebagai moment yang bersejarah dengan mendukung kegiatan-kegiatan pemerintah dari tingkat Kabupaten/Kota hingga Nasional untuk pemberitaan yang terpercaya," tambahnya.

Ketua Umum juga menekankan kepada seluruh sahabat IWO Indonesia untuk menyajikan berita yang sesuai dengan peristiwa yang ada. Jangan coba-coba para sahabat mengarang berita tanpa ada kejadian, karena kita Jurnalis Terpercaya yang melawan berita bohong, pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan Deklarasi Damai Pemilu 2024, Bupati Kab. Subang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kab. Subang, Anggota Forkopimda Kab. Subang, Kepala OPD, 18 Ketua Partai Politik Kab. Subang, beberapa  OKP dan Ormas/LSM yang berada di Kab. Subang.

Ditempat yang berbeda, puluhan pemimpin redaksi media massa, Divisi Humas Polri, dan Dewan Pers menggelar deklarasi pemilu damai. Deklarasi Kawal Pemilu Damai 2024 ini menjadi komitmen bersama sebagai bentuk sinergitas menghadapi pesta demokrasi.

 Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho menjelaskan, deklarasi tersebut merupakan pernyataan bersama untuk sepakat pemilu harus damai, punya semua pihak, dan memiliki tanggung jawab moril. Diharapkan dengan demikian, pemilu dapat berjalan dengan aman, damai, dan bermartabat.

“Pesan morilnya, perlu kita semua menjaga keberagamaan bangsa ini, peradaban yang telah dipupuk, kebhinekaan yang sudah lama terbangun. Mari kita jaga bersama semua,” jelas Kadiv Humas, Sabtu (28/10/23).

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, menambahkan bahwa peran media sangat penting dalam menentukan kesuksesan pesat demokrasi tersebut. Berbagai upaya pencegahan kerawanan menjelang Pemilu 2024 pun harus dilakukan bersama-sama.

“Karena media dan pers bukan menjadi contoh, tapi menjadi penentu tata kelola pemerintahan kita, menjunjung tinggi demokrasi itu adalah tanggung jawab pers, “ujar Ketua Dewan Pers, Sabtu (28/10/23).

Ketua Dewan Pers mengingatkan, pers menjadi penentu sistem demokrasi Indonesia. Sebab, sangat berpengaruh menjadikan masyarakat sebagai partisipasi aktif, memberikan informasi akurat, memberikan hiburan tata kelola pemilu, menjadi kontrol, mengelola daya pikir masyarakat, dan menjaga keberagaman yang ada di Indonesia.

“Atas nama Dewan Pers dengan seluruh konstituen para jurnalis dan pimpinan redaksi, saya ucapkan terima kasih kepada Kapolri dan Pak Kadiv Humas atas inisiasi deklarasi ini, “ungkap Ketua Dewan Pers.

Pembacaan deklarasi pun dipimpin oleh Ketua Dewan Pers dan diikuti oleh para pemimpin redaksi media massa. Bahwa pimpinan redaksi media siap menjaga Pemilu Tahun 2024 yang damai, aman, sejuk dan bermartabat demi sebesar-besarnya kemaslahatan publik.

Diharapkan pesta demokrasi tahun 2024 menjadi tahun politik untuk memilih pemimpin bangsa dan negara sesuai pilihan. Guna mewujudkan masa depan masyarakat Indonesia yang adil, aman dan sejahtera, ujar Ketua IWOI Sumatera Utara.

(BNO/KRO/RD/TIM).

Posting Komentar

0 Komentar