Ticker

6/recent/ticker-posts

Anggota DPR RI Lamhot Sinaga Kolaborasi Dengan Garda Transfumi Selenggarakan Seminar Koperasi. 





Dolok Sanggul, Bintangnews.online:          Lamhot Sinaga anggota DPR RI Sumut II bersama mitra kerjanya: Binsar M Simatupang,SE.MM Ketua  Korwil Sumut GARDA TRANSFUMI KEMENKOP UKM, Huta Barat & Simanullang mengadakan Seminar Kewirausahaan Peluang Bisnis IKM LMEA (Industri Kecil Menengah) di Dolok Sanggul Kab, Humbang Hasundutan Sumut, 23/03/2023.          


Bapak Huta Barat menyampaikan Sambutan dengan beberapa penjelasan; Semakin banyak kewirausahaan maka taraf hidup masyarakat akan semakin sejahtera.       


Untuk itu perlu mengubah mindset pola pikir agar lebih inovatif & kreatif dalam membangun kewirausahaan di setiap bidang & dengan lebih bersinergi. Juga sangat penting memahami potensi & peluang yg ada di suatu daerah, akan apa yg dapat dikembangkan menjadi usaha yg kreatif! 

"Dengan membuka semakin banyak kewirausahaan tentunya akan berdampak positif yg akan mengurangi angka pengangguran.        Beliau menutup sambutannya dengan menyatakan "Semakin kuat UMKM di Humbahas maka semakin sejahtera lah masyarakatnya," paparnya. 

Yang kemudian Bapak Binsar M Simatupang, Ketua DPW UKM IKM Nusantara Sumut- Ket bidang UKM IKM DPP APINDO Sumut yg merangkap sebagai Fasilitator UMKM Kemenkominfo, SNI-BSN sebagai Master mentor, menerangkan tentang Era revolusi industri 4,0 akan semakin menjadikan pengembangan kewirausahaan  UMKM, sebagai salah satu isu strategis yg perlu mendapatkan perhatian. 

Karena Negara maju, idealnya minimal 4% dari proporsi jumlah penduduk. Beberapa contoh tingkat kewirausahaan perbandingan dengan Negara tetangga: - Indonesia 3,4% - Thailand & Malaysia 4,5% - Singapura 8,5%. Beliau juga menambahkan perlunya Legalitas, karena banyak UMKM Indonesia yg tidak peduli dengan legalitas, ribet dipengurusan dan pemasaran, pada hal dengan adanya legalitas dapat memudahkan UMKM dari segala sisi; Seperti permodalan, bantuan pendanaan & trust pelanggan. Juga  sangatlah penting meningkatkan literasi digital. 

Diera digital saat ini UMKM perlu membekali diri dengan literasi digital yg mumpuni untuk mampu mengelola usaha dengan lebih mandiri, dalam memanfaatkan teknologi, sehingga memudahkan jejaring & komunitas; Sebap UMKM tidak bisa berjalan sendiri, harus selalu upgrading ilmu seperti: Mengikuti pameran & pelatihan - Mengelola bisnis dengan manajemen yg baik. 

Sebagai penutup beliau menyampaikan, UMKM bukan sekedar mencari cuan, tetapi merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia! UMKM kuat Indonesia hebat. 

Selanjutnya Lamhot Sinaga yang doyan turun untuk bergabung dengan masyarakat ingin mengetahui kondisi cakrawala kehidupan masyarakatnya. 

Pada Seminar kewirausahaan peluang bisnis IKM LMEA yg bertempat di Hotel Martin Anugerah, beliau juga menghimbau para peserta seminar yg dihadiri sekitar kurang lebih 300 orang itu; agar dapat memanfaatkan peluang dalam segala sektor, termasuk pelatihan-pelatihan yg dilaksanakan ditengah masyarakat.     

Lamhot Sinaga telah banyak mengadakan pelatihan-pelatihan bersama mitra kerjanya. Hari ini 23-03-23 sebelum bertolak ke Jakarta pada kesempatan di seminar kewirausahaan peluang bisnis IKM LMEA Lamhot Sinaga  memberi semangat untuk memotivasi para peserta seminar dengan bimbingan teknis yg beliau inisiasi di kampung halaman (Bona Pasogit), tentang dunia usaha & ide-ide kreatif yg dapat digali untuk diberdayakan dibona Pasogit.

 Dengan melahirkan wirausaha baru di bona Pasogit tentunya akan berdampak terbukanya lapangan kerja, dengan penghasilan tetap masyarakat akan lebih sejahtera. Ia memotivasi peserta seminar agar terinovasi membuka usaha baru dengan memanfaatkan sumber-sumber yg ada di bona Pasogit; Pertanian & industri kelas menengah dapat dikembangkan menjadi wirausaha. Misalnya: Terong Belanda (Selanum betaceum Cav_Latin) sebagai hasil pertanian di Humbahas dapat dikelola menjadi industri kecil menengah sebagai minuman kaleng. 

Banyak kearifan lokal yg dapat diberdayakan untuk lebih meningkatkan perekonomian masyarakat dgn tetap menjaga kestabilan ekosistim yg baik. Mari kita perbaiki semua; Sumber daya manusia (SDM), Pembangunan, Bantuan alat mesin pertanian. "Desa yg maju kotanya akan jaya maka Indonesia akan kuat," paparnya. (S M Simanullang/ Wagner S) 

Posting Komentar

0 Komentar