Ticker

6/recent/ticker-posts

𝐌𝐞𝐧𝐜𝐞𝐠𝐚𝐡 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐚𝐭𝐚𝐬𝐢 𝐁𝐮𝐥𝐥𝐲𝐢𝐧𝐠, 𝐋𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐡-𝐥𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐡 𝐏𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐃𝐚𝐩𝐚𝐭 𝐃𝐢𝐥𝐚𝐤𝐮𝐤𝐚𝐧. 
 
Oleh : Adriana Jeniman


Bullying adalah serangkaian aksi negatif dan agresif yang dilakukan satu orang atau kelompok tertentu terhadap pihak yang lemah, dengan tujuan untuk melemahkan mental maupun fisik seseorang, bullying dimulai dengan penghinaan atau kekerasan. Bullying atau perundungan merupakan suatu perilaku yang tidak terpuji dan tidak untuk ditiru.

Tindakan bullying dapat terjadi di berbagai lingkungan, seperti  di sekolah, tempat kerja, dan bahkan di media sosial.  Pelaku bullying biasanya dilakukan oleh orang yang berkuasan dengan mengintimidasi korban dengan motif-motif tertentu. Beberapa motif atau alasan yang mendasari terjadinya bullying tersesbut, yaitu;

Merasa lebih kuat: beberapa individu mungkin merasa lebih kuat atau lebih dihormati ketika mereka melakukan tindakan bullying. Mereka mungkin berpikir bahwa tindakan bullying tersebut akan membuat mereka lebih populer atau lebih dihormati oleh teman.
Tuntunan lingkungan: Beberapa lingkungan mungkin memepertontonkan nilai-nilai yang tidak menghargai perbedaan dan keragaman, dan mendorong tindakan bullying sebagai cara untuk menujukan kekuasaan dan dominasi.

Perasaan rendah diri: mungkin melakukan tindakan bullying karena mereka merasa tidak cukup dihargai atau merasa tidak aman dengan diri mereka sendiri. Mungkin mereka berpikir bahwa dengan melakukan tindakan tersebut mereka merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.
Kepuasan emosional: Merasa senang atau merasa kuasa ketika melakaukan tindakan bullying. 

Mereka merasa puas dan merasa lebih baik karena telah membuat orang lain merasa buruk. 
Bagaimana cara mengatasi bullying?
Meningkatkan peran orangtua: Orangtua juga memiliki peran penting dalam mencegah dan mengatasi tindakan bullying. Orang tua harus mendidik anak mereka tentang bahayanya  tindakan bullying, bagaimana cara melindungi diri sendiri dari tindakan tersebut, dan cara-cara untuk membantu korban. Orangtua harus juga aktif mengawasi anak-anak mereka.

Meningkatan peran guru dan staf: Guru dan staf sekolah juga memiliki peran penting dalam mencegah dan mengatasi tindakan bullying di sekolah. Mereka harus aktif mengawasi siswa dan menindak tegas pelaku tindakan bullying. 

Mereka juga harus memberikan dukungan dan bantuan pada korban, serta melapaorkan tindakan bullying yang terjadi.
Membuat kebijakan dan aturan yang jelas:  Membuat kebijakan dan aturan yang jelas tentang tindakan bullying di berbagai lingkungan, dan memberlakukan sanksi yang tegas untuk pelaku. Hal ini membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi semua orang.

Mendorong korban untuk melaporkan tindakan bullying:  mendorong korban untuk melaporkan tindakan bullying sangat penting dalam mencegah dan mengatasi tindakan tersebut. Korban harus merasa nyaman dan aman untuk melaporkan tindakan bullying yang mereka alami. Pihak yang berwenang harus menangani laporan tersebut dengan serius dan segera mengambil tindakan yan diperlukan untuk melindungi korban dan mencegah tindakan tersebut terjadi kembali.

Mengubah perilaku pelaku: pentingnya untuk mengubah perilaku pelaku dengan pendekatan yang tepat dan sesuai. Beberapa cara dapat dilakukan, seperti mengajak pelaku untuk bertaggung jawab atas tindakannya, memberikan kosekuensi yang tepat, dan memberikan bantuan dalam mengubah perlikau negatif.

Dengan melakukan langkan-langkah ini secara besama-sama, diharapkan  dapat mengurangi tindakan bullying dan menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi semua orang. Perlu diingatkan, pembulian bukanlah suatu hal yang terpuji dan tidak patut untuk di tiru. Dasar hukum terhadap tindakan pembulian adalah UUD No.35 tahun 2014 pasal 76 C,  sanksi pidana penjara paling lama 3 sampai 6 tahun.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan dan penangulangan bullying agar dapat menghindar dampak yang mengurikan tersebut. Setiap orang harus berperan aktif dalam mencegah bullying dan menciptakan lingkungan yang aman dan ramah bagi semua orang.

STOP BULLYING, JIKA TIDAK INGIN DI PENJARA!!!

Posting Komentar

0 Komentar