Ticker

6/recent/ticker-posts

Deni Lumbantoruan, Tokoh Muda yang Berniat Membangun Kampung Halaman Tapanuli Utara.


Foto: Deni Lumbantoruan, sang Dosen yang berniat membangun Taput 

Tapanuli Utara, Bintang News Online: Deni Lumbantoruan adalah seorang akademintokoh muda yang memiliki latar belakang pendidikan yang cukup solid serta berbagai pengalaman dalam berbagai bidang. 

Lahir dan besar di Siborongborong Tapanuli Utara, Deni menempuh pendidikan formal dalam bidang teknologi di dalam dan luar negeri. Ia memulai perjalanan akademiknya dengan mengejar gelar sarjana di Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu Universitas ternama di Indonesia. 

Setelah menyelesaikan gelar sarjananya, Deni tidak berhenti di situ. Ia melanjutkan studi magister di Chiba University, Jepang, untuk mendalami bidang Ilmu Informasi lebih lanjut. 

Kemudian, hasrat belajarnya membawanya ke luar negeri lagi, kali ini untuk menyelesaikan gelar doktornya di Kings College London, Inggris dalam bidang Telekomunikasi.

Namun, Deni tidak hanya fokus pada pendidikan formal. Ia juga pernah mengikuti program kuliah singkat, yaitu Happy Digital X di Tsinghua Southeast Asia Center yang diselenggarakan oleh Tsinghua University, China. Kuliah singkat ini memberinya wawasan lebih luas tentang perkembangan teknologi digital, khususnya teknologi digital dalam pengembangan kota.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana, Deni Lumbantoruan langsung memulai karirnya sebagai Dosen di Institut Teknologi Del sejak awal tahun 2003 hingga saat ini. Di lingkungan akademik, ia memiliki berbagai pengalaman dan penugasan, termasuk pernah menjabat sebagai Wakil Direktur PI Del, Koordinator Toba Digital Valley, dan Wakil Rektor 3 IT Del.

Selain kesibukannya di kampus, Deni juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Bersama dua rekannya, Deni Lumbantoruan pernah mendirikan lembaga kursus (Komputer, bahasa Inggris dan Matematika) di Siborongborong pada tahun 2006. 

Pada saat itu, dia juga mendirikan Radio Komunitas bernama Genics FM. Radio pemancar ini beroperasi sekitar 4 tahun, yaitu dari kurun waktu 2006-2010.

Selain itu, dia pernah menjadi anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Toba pada periode 2014-2016. Deni  juga ikut mendirikan dan sekaligus bertugas menjadi Ketua Pelaksana PAUD PSS-GPKB di Sitabotabo, Siborongborong. 

Saat ini, Deni juga terlibat sebagai Wakil Ketua Umum 1 dalam organisasi Parsadaan Borsak Sirumonggur Lumbantoruan Sedunia (PBSS) untuk periode 2023-2028.

Pengalaman berorganisasi Deni tidak hanya dimulai setelah ia menjadi seorang akademisi. Sejak masih menjadi mahasiswa, ia telah aktif dalam organisasi, termasuk menjadi anggota Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Bandung pada tahun 1998-2002 dan anggota senat Keluarga Mahasiswa ITB sebagai perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Elektro. 

Deni Lumbantoruan tidak hanya mengabdikan dirinya dalam lingkup akademik dan organisasi, tapi juga aktif memberikan paparan kepada generasi muda melalui kunjungan ke sekolah dan ceramah online.

 Selain itu, ia juga menjadi nara sumber di lingkungan pemerintah beberapa kabupaten di Kawasan Danau Toba terkait pemanfaatan teknologi digital untuk perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan daerah. (BNO)

Posting Komentar

0 Komentar