Ticker

6/recent/ticker-posts

Meningkatkan kualitas pendidikan di daerah, mungkinkah?"

Oleh: Deni Lumbantoruan


Ketika di suatu status sosial media saya membahas terkait peningkatan kualitas pendidikan di daerah, seorang kawan memberi komentar dan menyampaikan pertanyaan, “Pendidikan berkualitas di daerah itu seperti apa?”



Pendidikan berkualitas di daerah tentu merujuk pada satu sistem pendidikan yang memberikan akses dan kesempatan terbuka kepada semua orang dan kegiatan belajar yang bermutu bagi para siswa.

Pendidikan berkualitas di daerah dapat tercapai tentu dengan memperhatikan beberapa aspek yan0g ada, di antaranya: Ketersediaan tenaga pendidik yg berkualitas dan terlatih, ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, ketersediaan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman, ketersediaan alokasi dana yang cukup dari pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan pendidikan (pengembangan fasilitas, pelatihan tenaga pendidik), dukungan dari komunitas dan orang tua siswa untuk mendukung proses pendidikan di daerah serta sistem penjaminan mutu yg konsisten.

Menurut saya, dengan sumber daya yang dimilikinya, pemerintah daerah harus berperan aktif, konsisten dan penuh kreativitas sehingga semua aspek yang disampaikan di atas dapat tersedia secara berkelanjutan. Sehingga dengan demikian kualitas pendidikan akan dapat ditingkatkan di masa-masa mendatang. (*****)

Posting Komentar

0 Komentar